Thursday, May 27, 2010

PEREMPUAN DALAM HIRARKI SOSIAL DAYAK

Oleh : MisRita Kalang
Sebagai sebuah suku yang menganut patrilenial suku Dayak bukan berarti tidak memperhitungkan posisi perempuan dalam hirarki sosialnya. Karena pada dasarnya kedudukan perempuan dalam suku Dayak merupakan bagian integral dari segala kedudukan dalam hirarki sosial masyarakat Dayak sendiri. Sebagaimana penggambaran tuhan Ranying Mahatalla Langit sebagai representasi dari laki-laki penguasa alam atas sementara jata atau tambun direpresentasikan sebagai perempuan yang menguasai alam bawah. Dengan demikian pada dasarnya posisi perempuan dalam hirarki sosial Dayak memiliki kedudukan yang setara dengan laki-laki. Penyebutan kata Nyai juga merupakan gelar kehormatan bagi perempuan Dayak seperti Nyai Undang, Nyai Bahandang Balau, Nyai Endas, Kameluh yang berarti putri, dll.
Penamaan Nyai Bahandang Balau selama ini diartikan sebagai perempuan berambut merah (balau ‘rambut’ ; bahandang ‘merah’), sesungguhnya penamaan ini merupakan gelar metaforis yang mengandung makna bahwa Nyai Bahandang Balau memiliki kesaktian atau kedigjayaan sebagaimana simbol yang melekat pada gelar yang dianugrahkan masyarakat kepadanya.




Gambar Perempuan Dayak di Kalimantan Timur dan di Kalimantan Tengah
Tidak terasa berat baginya, malah merasa bangga akan kecantikan cara berdandan serupa itu. Kebiasaan ber”lambing” ini sudah kurang diminati oleh anak-anak Dayak, kecuali pada beberapa tempat di pedalaman di antaranya suku Bahau dan Bulungan. Sedangkan wanita dayak di Kalimantan Tengah memakai anting yang lebih kecil dan sedikit panjang.

1 comment:

hadleedahlinger said...

An In-Depth Comparison of the Ford Focus Titanium
An suppliers of metal In-Depth Comparison of the Ford Focus Titanium S. The titanium mens wedding bands In-Depth Comparison of the Ford Focus Titanium S. A TAB SURRITAR titanium knee replacement DIAMOND: ford escape titanium for sale Titanium - SURRITAR DIAMOND: Titanium - SURRITAR DIAMOND: TAB ti89 titanium calculator SURRITAR DIAMOND: